Style Terkini Merupakan Kumpulan Berita Terbaru, Informasi, Gaya Hidup, Kesehatan, Terbaru, Terkini dan Populer

Pengertian Penyakit Kolesterol

Pengertian Penyakit Kolesterol - Kolesterol yaitu senyawa lemak kompleks yang dengan alami diproduksi oleh tubuh untuk membentuk membran sel. kolesterol merupakan gabungan lipid ( lemak ) serta steroid. 80% kolesterol tubuh yang diproduksi oleh hati serta 20% sisanya datang dari makanan yang kita makan. makanan yang banyak kolesterol terlebih banyak ditemukan pada lemak dari hewan, jeroan, kuning telur, santan, kerang/tiram, produk susu, mentega, dan lain-lain.

Pengertian Penyakit Kolesterol

Kolesterol yang ada dalam zat makanan yang kita makan bisa menambah kandungan kolesterol dalam darah. namun, sejauh pemasukan ini seimbang dengan keperluan, tubuh kita dapat terus sehat. kolesterol makanan diserap dari usus serta disimpan dalam hati. hati dapat mengatur kandungan kolesterol dalam aliran darah serta bisa mengeluarkan kolesterol bila dibutuhkan oleh tubuh. kolesterol tidak larut dalam cairan darah, karenanya supaya bisa dikirim ke seluruh tubuh butuh dikemas berbarengan protein jadi partikel yang dimaksud lipoprotein, yang bisa dikira sebagai pembawa ( carrier ) kolesterol dalam darah.

Macam - Macam Jenis Penyakit Kolesterol

Kolesterol ldl ( low density lipoprotein ) type kolesterol ini beresiko hingga kerap dimaksud juga sebagai kolesterol jahat. kandungan ldl yang tinggi bisa mengakibatkan pengendapan kolesterol dalam pembuluh darah.

Kolesterol hdl ( high density lipoprotein ) tidak beresiko dikarenakan bisa buang berlebihan kolesterol jahat di pembuluh darah arteri kembali ke hati, untuk diolah serta dibuang. hdl menghindar kolesterol mengendap di arteri serta membuat perlindungan pembuluh darah dari sistem aterosklerosis ( terbentuknya sumbatan pada dinding pembuluh darah ).

Kolesterol ldl yang terlalu berlebih bisa mengendap pada dinding pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyempitan serta pengerasan pembuluh darah, atau dimaksud dengan aterosklerosis ( terbentuknya plak pada dinding pembuluh darah ). apabila penyempitan serta pengerasan ini cukup berat, maka suplai darah ke otot jantung kurang jumlahnya, serta timbullah rasa sakit atau nyeri dada yang dikatakan sebagai angina serta apabila berlanjut dapat mengakibatkan kematian jaringan otot jantung yang dimaksud infark miokard serta bila ini menyebar luas, maka dapat mengakibatkan situasi yang dimaksud gagal jantung ( heart failure ). bila sumbatan ini menyerang pembuluh darah otak, maka dapat berlangsung stroke. disinilah kolesterol ( terutama ldl ) bertindak negatif pada kesehatan serta mesti senantiasa dikontrol. sebagian obat herbal untuk menolong turunkan kolesterol jahat.

Sekian artikel pada kesempatan posting kali ini yang membahas tentang Pengertian Penyakit Kolesterol semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda semua. Tetap jaga kesehatan Anda.

Pengertian Penyakit Kolesterol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi