Style Terkini Merupakan Kumpulan Berita Terbaru, Informasi, Gaya Hidup, Kesehatan, Terbaru, Terkini dan Populer

Gerhana Matahari Cincin 9/10 Mei 2013 Indonesia

Style Terkini - Gerhana Matahari Cincin 9/10 Mei 2013 di Indonesia - Tribunnews. com, Jakarta - menurut badan meteorologi, klimatologi, serta geofisika ( bmkg ), gerhana matahari cincin ( gmc ) diprediksi berlangsung pada 9-10 mei 2013.

Menurut publikasi BMKG yang dilansir tribunnnews.com, senin ( 6/5/2013 ), gmc dapat dicermati dari samudera pasifik, australia, singapura, indonesia ( kecuali sumatera utara ), serta filipina sisi selatan.

Gerhana Matahari Cincin 9/10 Mei 2013 Indonesia, kalau sumatera utara, akan berlangsung gerhana matahari beberapa ( gms ) pada 10 mei 2013, yang bisa disaksikan waktu pagi hari.

BMKG menjelaskan, fase gmc di tiap-tiap lokasi dapat berlainan, bergantung posisi lokasi pengamat di permukaan bumi, dan posisi bln. serta matahari nisbi pada posisi pengamat.

Di indonesia, gerhana mulai mampu tampak di kupang, manado, ternate, ambon, sorong, manokwari, merauke, serta jayapura. tak sekedar kupang serta manado, masyarakat di enam area lain dapat lihat puncak gerhana sampai gerhana berakhir.

Puncak gerhana juga dapat dilihat di surabaya, pontianak, palangkaraya, banjarmasin, samarinda, denpasar, mataram, kupang, manado, kendari, palu, serta makassar.

Tetapi gerhana berakhir dapat dilihat di padang, pekanbaru, jambi, bengkulu, palembang, bandar lampung, jakarta, bandung, semarang, yogyakarta, surabaya, pontianak, palangkaraya, banjarmasin, samarinda, denpasar, mataram, kupang, manado, kendari, palu, dan makassar.

Gerhana matahari yaitu momen terhalanginya sinar matahari oleh bln., makanya tidak seluruhnya sampai ke bumi. th. ini, bmkg udah memerediksi akan berlangsungnya lima kali gerhana. rinciannya, 2 x gerhana matahari, serta tiga kali gerhana bln..

Gerhana matahari yang akan berlangsung berbentuk gmc pada 9-10 mei 2013 serta matahari cincin ( mc ) yang berlangsung pada 3 november 2013.

Tetapi gerhana bln. beberapa telah berlangsung pada 25 april 2013, gerhana bln. panumbra diprediksi pada 25 mei 2013, serta gerhana bln. penumbra pada 18-19 oktober 2013. ( * )

Sementara pantauan kami dari situs berita merdeka.com melaporkan dibawah ini :

Gerhana Matahari Cincin 9/10 Mei 2013 Indonesia
Gerhana Matahari Cincin 2013

Mulai kamis ( 9/5 ), dunia dapat jadi saksi bisu sesuatu fenomena alam yang amat langka. matahari dapat tertutup oleh bln. untuk sebagian waktu.

Layaknya yang ditulis oleh mashable ( 7/5 ), fenomena ini lalu tidak cuma dapat berlangsung sepanjang 1 hari saja. diperkirakan, perihal ini dapat terulang sampai hari jumat ( 10/5 ).

Adapun fenomena yang lebih dikenal dengan gerhana matahari ini dapat amat jelas tampak di sebagian area di australia. disamping itu, samudera pasifik sisi selatan akan menjumpai fenomena ini pada hari jumat.

Gerhana matahari ini sendiri dapat jadi gerhana prima. perihal ini karena nyaris 95 % matahari dapat ditutup seutuhnya oleh bln. yang melintas pas diantara matahari serta bumi.

Tak hanya di ke-2 area tersebut, asia sedang, australia barat, eropa timur serta sebagian negara afrika akan jadi saksi dari hadirnya gerhana yang amat langka ini. tetapi, bedanya di area ini, gerhana dapat tampak beberapa saja pada 24 mei.

Tak hanya gerhana yang dapat berlangsung besok, diperkirakan tetap ada lagi gerhana susulan di th. ini. gerhana matahari ini dapat berlangsung pada 3 november 2013.

Apakah sang cincin api dapat tampak juga di indonesia ? pantas kita tunggulah besok.
Terimakasih telah membaca artikel berita yang berjudul Gerhana Matahari Cincin 9/10 Mei 2013 Indonesia

Gerhana Matahari Cincin 9/10 Mei 2013 Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi