Style Terkini Merupakan Kumpulan Berita Terbaru, Informasi, Gaya Hidup, Kesehatan, Terbaru, Terkini dan Populer

Beginilah Cara Menolong Orang Kesetrum - Terkena Serangan Listrik

Cara Menolong Orang Kesetrum - Style Terkini - Listrik tegangan tinggi dapat menyebabkan bahaya serta fatal bila mengenai tubuh. jika pertama kali lihat orang yang tersengat listrik, baiknya berlaku tenang tetapi terus waspada. janganlah menyentuh korban waktu listrik tetap menyala dikarenakan berisiko tersengat juga

Menurut Stanley M. Zildo layaknya diambil dari bukunya yang berjudul first aid, langkah benar pertolongan pertama serta penanganan darurat, ada banyak hal yang bisa dikerjakan untuk meminimalisir risiko bahaya pada korban tersengat listrik.

Beginilah Cara Menolong Orang Kesetrum - Terkena Serangan Listrik

Beginilah Cara Menolong Orang Kesetrum

Cara-cara yang bisa kita lakukan jika melihat korban kesetrum diantaranya :

1. Bila barangkali, matikan sumber listrik atau suruhlah orang lain untuk mematikannya.

2. Amat penting untuk memindahkan korban dengan hati-hati. gunakanlah alas kering layaknya koran, papan, selimut, matras karet atau pakaian kering.

3. Janganlah pakai beberapa bahan dari besi serta bahan yang basah. janganlah menyentuh korban sampai ia terbebas dari sengatan.

4. Apabila korban tidak bernapas, buka jalur pernapasan serta kerjakan pernapasan buatan, langkahnya yakni :
  • Yakinkan korban ditempatkan pada permukaan yang rata. bersihkan mulut serta jalur napas dari muntahan atau cairan. 
  • Tengadahkan kepala korban dengan letakkan telapak tangan pada dahi serta jari tangan lain mendorong ke atas sisi dagu korban 
  • Pencet hidung korban gunakan ibu jari, lantas ambillah napas dalam-dalam. tempatkan mulut pada mulut korban yang terbuka, tiup dengan cepat 2 kali. 
  • Hentikan tiupan apabila dada korban telah mengembang. lepaskan mulut dari mulut korban, lantas dekatkan telinga ke hidung korban untuk mendengarkan embusan napasnya. 
  • Cermati dada korban, adakah gerakan naik turun tandanya ia bernapas.
    Ulangilah prosedur napas buatan ini sampai korban betul-betul bisa bernapas sendiri. (sumber : health.detik.com)
Jika Anda melihat seseorang terkena sengatan listrik, maka Anda bisa melakukan cara-cara yang sudah tertera pada artikel diatas, ini tentunya demi menjaga keselamatan Anda dan korban yang terkena sengatan listrik atau kesetrum.
Jangan pernah sekali-kali menyentuh orang yang sedang terkena tegangan listrik tinggi, lebih baik cari sumber listrik dan matikan listrik dari sumber listrik tersebut.
Selain itu tetap hati-hati ya terhadap sengatan listrik, semoga bermanfaat artikel cara menolong orang kesetrum

Beginilah Cara Menolong Orang Kesetrum - Terkena Serangan Listrik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi