Style Terkini Merupakan Kumpulan Berita Terbaru, Informasi, Gaya Hidup, Kesehatan, Terbaru, Terkini dan Populer

Tips Pertolongan Pertama Mengatasi Serangan Jantung

Cara Melakukan Pertolongan Pertama Mengatasi Serangan Jantung - Serangan jantung adalah suatu keadaan yang sangat genting dimana seseorang harus ditangani secara cepat. Dan oleh sebab itulah maka kita perlu mengetahui bagaimana cara melakukan pertolongan pertama pada orang yang terkena serangan jantung.

Serangan jantung bisa terjadi pada waktu kapan saja, bahkan banyak juga orang yang sebelumnya belum mengetahui bahwa ia memiliki penyakit jantung.

Pertolongan Pertama Mengatasi Serangan Jantung


Menurut pakar jantung dari Pusat Nasional Harapan Kita dr. Daniel P.L Tobing, Sp.JP ia mengatakan bahwa pertolongan serangan jantung dibedakan antara orang yang sebelumnya tidak memiliki penyakit jantung dengan orang yang diketahui memiliki penyakit jantung. dalam diskusi SOHO yang bertajuk "Waspada Serangan Jantung mendadak" pada Rabu 9/13 di Jakarta.

Pertolongan Pertama Mengatasi Serangan Jantung

dr. Daniel menuturkan bahwa untuk penderita yang sebelumnya tidak diketahui bahwa ia memilok penyakit jantung koroner atau yang disingkat PJK sebeiknya aktivitas yang dilakukan untuk sementara dihentikan dan segera diminta berada dalam posisi berbaring atau bisa juga duduk kemudian untuk evaluasi ditunggu selama kurang lebih lima menit.

Tips Pertolongan Pertama Mengatasi Serangan Jantung, Sementara itu bagi yang sebelumnya telah diketahui bahwa ia terkena PJK, maka selain menghentikan aktivitas dan juga berbaring atau duduk penderita juga perlu diberikan tablet nitrogliserin selama tiga sampai lima menit atau aspirin 160-320 mg sebanyak maksimal tiga kali.

"Biasanya bagi pasien yang menderita PJK sudah seeleu diminya untuk membawa jenis tablet-tablet tersbut, namun jika penderita saat itu tidak membawa sebaiknya bagi siapapun yang memiliki tablet dengan jenis tersebut segera diberikan." saran dr. Daniel

Setelah dilakukan pertolongan tersebut namun nyeri masih tetap ada, dr. Daniel menekankan untuk segera membawa penderita segera ke rumah sakit karena semakin cepat dibawa ke rumah sakit maka kemungkinan yang tidak diinginkan dapat diminimalisir.

Nah, pertolongan pertama serangan jantung seperti ini hanya bisa dilakukan jika orang yang terkena serangan jantung berada dalam posisi yang sadar namun jika orang yang terkena serangan jantung tidak dalam keadaan yang sadar maka perlu dilakukan tindakan cardiopulmonary resuscitation atau CPR.

Tindakan tersebut berguna untuk memberikan bantuan sirkulasi pernapasan yang kuat hingga keadaan henti jantung teratasi atau sampai pasien dinyatakan meninggal,

Tips Pertolongan Pertama Mengatasi Serangan Jantung, "Biasanya saat tidak sadarkan diri, pasien sudah mengalami henti jantung, sehingga pertolongannua berbeda dengan orang yang masih dalam keadaan yang sadar, dan yang paling penting adalah segera membawanya ke rumah sakit." Tegas dr. Daniel

CPR jika digambarkan secara umum adalah kompresi dada untuk melancarkan kembali sirkulasi, dan selanjutnya membuka jalannnya napas, dan memberikan napas bantuan, baik yang dilakukan dari mulut ke mulut atau dari mulut ke hidung, mulut ke sungkup ataupun dengan menggunakan kantung pernapasan.

Nah, semoga dengan adanya artikel ini dapat memberikan pengetahuan kepada kita semua bagaimana cara melakukan pertolongan pertama pada orang yang terkena serangan jantung. Selain itu juga tentunya Anda harus mengatahui bagaimana ciri sakit jantung pada penderita penyakit jantung.

Semoga bermanfaat.

Tips Pertolongan Pertama Mengatasi Serangan Jantung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Junaedi